Rabu, 25 Maret 2020

BANGUN DATAR


Hasil gambar untuk gambar materi bangun datar







Menyanyi sambil Belajar

Pengertian Bangun Datar
 Isma (Imam Roji. 2017) Bangun datar adalah bagian dari bidang datar yang dibatasi oleh garis-garis lurus atau lengkung.
Isma  (Julius Hambali, Siskandar, dan Mohamad Rohmad, 2016) Bangun datar dapat didefinisikan sebagai bangun yang rata yang mempunyai dua demensi yaitu panjang dan lebar, tetapi tidak mempunyai tinggi atau tebal.
Berdasarkan pengertian tersebut dapat ditegaskan bahwa bangun datar merupakan bangun dua demensi yang hanya memiliki panjang dan lebar, yang dibatasi oleh garis lurus atau lengkung. Contoh:
- Bidang yang dibatasi oleh 3 ruas garis, disebut bangun segitiga.
- Bidang yang dibatasi oleh 4 ruas garis, disebut bangun segiempat.
- Bidang  yang  dibatasi  oleh  5  ruas  garis,  disebut  bangun  segilima dan seterusnya.

Unsur-Unsur Bangun Datar
1.      Sisi, bidang pada bangun ruang yang membatasi antara bangun ruang dengan ruangan di antaranya.
2.      Sudut, bagian yang terletak diantara dua sinar yang berpotongan.
3.      Diagonal, garis lurus dari titik sudut ke titik yang satunya dalam suatu bangun.
Macam-Macam Bangun Datar
1.      Segitiga
Segitiga merupakan bangun datar yang terbentuk dari tiga buah titik yang tidak terletak pada satu garis lurus dan saling dihubungkan akan berpotongan dan membentuk tiga buah sudut. Jumlah sudut pada segitiga besarnya 180.

Jenis-jenis segitiga
Hasil gambar untuk gambar jenis segitiga
a.      Berdasarkan sisinya : 
                  Segitiga sama sisi
Segitiga sama sisi, yaitu segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Akibatnya, ketiga sudutnya sama besar, yaitu 60. Sifat-sifatnya : mempunyai 3 simetri lipat; mempunyai 3 simetri putar; mempunyai 3 sisi sama panjang; mempunyai 3 sudut sama besar yaitu 60.

                            Segitiga sama kaki
Yaitu segitiga yang mempunyai dua sisi sama panjang. Akibatnya, Segitiga sama kaki juga memiliki dua sudut yang berhadapan sama besar atau sering disebut kaki segitiga. Sifat-sifatnya: mempunyai 1 simetri lipat;  mempunyai 1 simetri putar; mempunyai 2 sisi yang berhadapan sama panjang.

                 Segitiga sembarang
Segitiga sembarang, yaitu segitiga yang ketiga sisinya berbeda panjangnya. Akibatnya, ketiga sudut segitiga tersebut juga tidak ada  yang sama.
   
b.      Berdasarkan sudutnya:
1         Segitiga siku-siku, yaitu segitiga yang besar salah satu sudutnya 90(siku-siku).
2        Segitiga tumpul, yaitu segitiga yang besar salah satu sudutnya   lebih dari 90 atau sudut tumpul.
3        Segitiga lancip, yaitu segitiga yang besar semua  sudutnya  kurang dari 90

2.      Persegi
Persegi adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk yang sama panjang dan memiliki empat buah sudut siku-siku. Sifat: Mempunyai 4 titik sudut; Mempunyai 4 sudut siku-siku 90; Mempunyai 2 diagonal yang sama panjang; Mempunyai 4 simetri lipat; Mempunyai 4 simetri putar.

3.      Persegi panjang
            Persegi panjang adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh dua pasang rusuk yang masing-masing sama panjang dan sejajar dengan pasangannya, dan memiliki empat buah sudut siku-siku.
Sifat Sifat: Sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar; Sisi-sisi persegi panjang saling tegak lurus; Mempunyai 4 sudut siku-siku 90; Mempunyai 2 diagonal yang sama panjang; Mempunyai 2 simetri lipat; Mempunyai 2 simetri putar.

4.      Jajar genjang
 Jajaran Genjang adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh dua pasang rusuk yang masing-masing sama panjang dan sejajar dengan pasangannya, dan memiliki dua pasang sudut bukan siku-siku yang masing-masing sama besar dengan sudut di hadapannya.
Sifat-Sifat:
             Tidak mempunyai simetri lipat dan simetri putar.
              Sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang.
              Dua sisi lainnya tidak saling tegak lurus.
              Mempunyai 4 sudut, 2 sudut berpasangan dan berhadapan.
              Sudut yang saling berdekatan besarnya 180.
             Mempunyai 2 diagonal yang tidak sama panjang.

5.      Belah ketupat
            Belah ketupat adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat rusuk yang sama panjang dan dan memiliki dua pasang sudut bukan siku-siku yang masing-masing sama besar dengan sudut di hadapannya.
Sifat- Sifat: Mempunyai 2 simetri lipat; Mempunyai 2 simeteri putar; Mempunyai 4 titik sudut; Sudut yang berhadapan besarnya sama; Sisinya tidak tegak lurus; Mempunyai 2 diagonal yang berbeda panjangnya.

6.      Layang-layang
            Layang-layang adalah bangun geometri berbentuk segiempat yang terbentuk dari dua segitiga sama kaki yang alasnya berhimpitan. Sifat-Sifat: Mempunyai 1 simetri lipat; Tidak mempunyai simetri putar; Mempunyai 4 sisi sepasang-sepasang yang sama panjang; Mempunyai 4 buah sudut; Sepasang sudut yang berhadapan sama besar.; Mempunyai 2 diagonal berbeda dan tegak lurus.

7.      Trapesium
            Trapesium adalah bangun segiempat dengan sepasang sisi berhadapan sejajar. Sifat: Tiap pasang sudut yang sisinya sejajar adalah 180.
Jenis-jenis trapesium:
             Trapesium Sembarang: mempunyai sisi-sisi yang berbeda.
             Trapesium Siku-SIku : mempunyai sudut siku-siku.
             Trapesium Sama Kaki : mempunyai sepasang kaki sama panjang

8.      Lingkaran
Lingkaran merupakan kurva tertutup sederhana beraturan. Sifat-Sifat: Jumlah derajat lingkaran sebesar 360; Lingkaran mempunyai 1 titik pusat; Mempunyai simetri lipat dan simetri putar yang jumlahnya tidak terhingga.
Istilah-istilah dalam lingkaran :
Elemen  lingkaran yang berupa titik, yaitu:
          Titik pusat, merupakan titik tengah lingkaran dimana jarak titik tersebut dengan titik manapun pada lingkaran selalu tetap.

Elemen lingkaran yang berupa garisan, yaitu :
        Diameter lingkaran (d) yaitu ruas garis yang menghubungkan dua titik pada busur lingkaran melalui titik pusat lingkaran. Jari-jari lingkaran (r) yaitu ruas garis yang menghubungkan titik pada busur lingkaran dengan titik pusat lingkaran. Tali busur yaitu garis yang menghubungkan dua titik pada busur lingkaran dan tidak melewati titik pusat lingkaran. Busur yaitu bagian lingkaran yang dibagi oleh tali busur. Keliling lingkaran merupakan busur terpanjang pada lingkaran. Apotema merupakan garis terpendek antara tali busur dan pusat lingkaran.

Elemen lingkaran berupa luasan, yaitu :
         Tembereng merupakan daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh sebuah busur dengan tali busurnya. Cakram merupakan semua daerah yang berada di dalam lingkaran dan juga merupakan juring terbesar. Juring yaitu daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh 2 jari-jari maupun busur lingkaran.

Hasil gambar untuk gambar jenis persegi



Sekian dan Terima Kasih!!!!😀😀😀

Tidak ada komentar:

Posting Komentar