Rabu, 25 Maret 2020

IKLAN, TUJUAN, JENIS DAN MANFAATNYA

Hasil gambar untuk gambar iklan pendidikan

simak video iklan layanan masyarakat berikut ini πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„


IKLAN

Kata iklan berasal dari bahasa yunani (advertising) yang artinya menggiring orang pada suatu gagasan. Peran iklan begitu strategis untuk pemasaran suatu produk, tak ayal hampir setiap hari kita menemukan iklan, baik melalui media televisi, cetak hingga dalam bentuk media online. Secara umum Iklan merupakan salah satu kegiatan mempromosikan, memperkenalkan produk lewat berbagai media dan cara tertentu.

CIRI-CIRI IKLAN

Pada umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri yaitu sebagai berikut :
a.     Menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan
b.     Menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak.
c.      Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi utama yang dipentingkan
d.     Menggunakan pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran.


SYARAT-SYARAT IKLAN
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan adalah sebagai berikut :
a.     Menggunakan bahasa yang singkat, hemat, menarik dan komunikatif.
b.     Alamat terperinci dan dilengkapi dengan nomor telpon.
c.      Dapat merangsang keinginan untuk membeli atau memenuhi semua yang diiklankan.
d.     Isinya tidak boleh menyesatkan.
e.      Isi dibatasi atau tidak melebihi kolom yang tersedia



JENIS-JENIS IKLAN
Secara garis besar jenis iklan dikelompokkan menjadi enam bagian yaitu:
a.     Iklan konsumen; yaitu terdapat dua macam jenis barang yang umum di beli konsumen yakni barang konsumen (consumer goods), dan barang tahan lama (durable goods) kesemua barang tersebut diiklankan melalui media sesuai dengan tingkat atau lapisan sosial yang hendak disasar/dibidik.
Hasil gambar untuk iklan konsumen
contoh iklan konsumen

b.     Iklan Bisnis Kebisnis atau Iklan antar Bisnis; tujuan daripada iklan ini adalah untuk mempromosikan barang & jasa non konsumen, dengan kata lain iklan sama sama perusahaan.
Hasil gambar untuk iklan bisnis kebisnis
contoh iklan bisnis kebisnis

c.      Iklan Perdagangan; merupakan iklan yang memberikan informasi kalangan distributor, pedagang besar dan pedagang kecil, egen, eksportir dan importir mengenai barang barang yang tersedia untuk dijual kembali. Jenis iklan ini menawarkan untuk memesan atau menanyakan tentang informasi lebih lanjut, serta untuk membantu salesman lapangan untuk menghubungi pemilik stock barang
Hasil gambar untuk iklan perdagangan
contoh iklan perdagangan 

d.     Iklan eceran; jenis iklan ini dibuat dan disebarkan oleh pemasok, perusahaan atau pabrik pembuat produk, dan biasanya iklan ini ditempatkan pada lokasi yang menjual produk tersebut kepada konsumen.
Hasil gambar untuk iklan eceran
contoh iklan eceran

e.      Iklan Keuangan; biasanya iklan yang menyangkut hal hal tentang keuangan seperti iklan untuk bank, jasa keuangan, investasi, asuransi dll. Tujuan dari iklan ini adalah guna menghimpun dana pinjaman serta menawarkan modal, baik dalam bentuk asuransi, penawaran saham, obligasi, surat untuk dana pensium dll.
Hasil gambar untuk iklan asuransi
contoh iklan keuangan

f.       Iklan Rekruitmen; tujuan daripada iklan ini adalah untuk merekrut calon pagawai, bentuknya iklan kolom yang menjanjikan kerahasian pelamar atau iklan selebaran biasa atau iklan selebaran biasa.
Hasil gambar untuk iklan rekrutmen
contoh iklan rekruitmen




MEDIA IKLAN
Menurut Widyatama (2007:76) mengelompokkan media iklan menjadi :
Iklan lini atas (above the line). Media iklan yang sifatnya lbh universal/menyeluruh, lebih kepada khalayak yang tidak saling mengenal antara satu dengan yang lain dan menerima terpaan pesan iklan yang serentak. Yang termasuk kategori media antara lain, Televisi, radio, surat kabar, internet, majalah, tabloid, dll.
Iklan lini bawah (below the line); merupakan kebalikan dari media lini atas. Media ini lebih khusus sebagai bentuk penyokongan (pelengkap) iklan lini atas. Yang termasuk dalam media ini adalah poster, spanduk, baliho, point of puchase, stiker, folder dan lain-lain.

PENGARUH IKLAN
Dampak iklan baik terhadap individu, keluarga ataupun masyarakat:
1.     Terhadap ekonomi; dampak nyata yang terlihat dari iklan salah satunya dibidang ekonomi, dampak ini, iklan harus terlihat sbg suatu kegiatan ekonomi. Artinya dalam hal melakukan iklan, terjadi teransaksi bisnis antar sponsor dengan pihak media iklan itu dipasang.
2.     Terhadap Psikologis; dampak dari segi psikologis cukup beragam mulai dari aspek koginitif sampai afektif, baik secara invidu maupun universal.
3.     Terhadap sosial budaya; pengaruh iklan terhadap psikologis lambat laun akan mengkristal dan secara bersamaan menjadi perilaku masyarakat secara universal. Perilaku masyarakat yang lebih umum ini pada gilirannya membentuk sistem nilai, gaya hidup, maupun standard budaya tertentu (standart moral, etika dan estetika).

πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰ Terima Kasih!!!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar