simak video iklan layanan masyarakat berikut ini πππ
IKLAN
Kata iklan berasal dari
bahasa yunani (advertising) yang artinya menggiring orang pada suatu
gagasan. Peran iklan begitu strategis untuk pemasaran suatu produk, tak ayal
hampir setiap hari kita menemukan iklan, baik melalui media televisi, cetak
hingga dalam bentuk media online. Secara umum Iklan merupakan salah satu
kegiatan mempromosikan,
memperkenalkan produk lewat berbagai media dan cara tertentu.
CIRI-CIRI
IKLAN
Pada umumnya, iklan
mempunyai ciri- ciri yaitu sebagai berikut :
a.
Menggunakan pilihan kata yang menarik,
logis, tepat dan sopan
b.
Menggunakan pilihan kata yang mempunyai
sugesti bagi khalayak.
c.
Pilihan kata yang digunakan menonjolkan
informasi utama yang dipentingkan
d.
Menggunakan pilihan kata yang digunakan
menunjukan sasaran.
SYARAT-SYARAT
IKLAN
Beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam membuat iklan adalah sebagai berikut :
a.
Menggunakan bahasa yang singkat, hemat,
menarik dan komunikatif.
b.
Alamat terperinci dan dilengkapi dengan
nomor telpon.
c.
Dapat merangsang keinginan untuk membeli
atau memenuhi semua yang diiklankan.
d.
Isinya tidak boleh menyesatkan.
e.
Isi dibatasi atau tidak melebihi kolom
yang tersedia
JENIS-JENIS
IKLAN
Secara garis besar
jenis iklan dikelompokkan menjadi enam bagian yaitu:
a.
Iklan konsumen; yaitu terdapat dua macam
jenis barang yang umum di beli konsumen yakni barang konsumen (consumer goods),
dan barang tahan lama (durable goods) kesemua barang tersebut diiklankan
melalui media sesuai dengan tingkat atau lapisan sosial yang hendak
disasar/dibidik.
contoh iklan konsumen |
b.
Iklan Bisnis Kebisnis atau Iklan antar
Bisnis; tujuan daripada iklan ini adalah untuk mempromosikan barang & jasa
non konsumen, dengan kata lain iklan sama sama perusahaan.
contoh iklan bisnis kebisnis |
c.
Iklan Perdagangan; merupakan iklan yang
memberikan informasi kalangan distributor, pedagang
besar dan pedagang kecil, egen, eksportir dan importir mengenai barang barang
yang tersedia untuk dijual kembali. Jenis iklan ini menawarkan untuk memesan
atau menanyakan tentang informasi lebih lanjut, serta untuk membantu salesman
lapangan untuk menghubungi pemilik stock barang
contoh iklan perdagangan |
d.
Iklan eceran; jenis iklan ini dibuat dan
disebarkan oleh pemasok, perusahaan atau pabrik pembuat produk, dan biasanya
iklan ini ditempatkan pada lokasi yang menjual produk tersebut kepada konsumen.
contoh iklan eceran |
e.
Iklan Keuangan; biasanya iklan yang
menyangkut hal hal tentang keuangan seperti iklan untuk bank, jasa keuangan,
investasi, asuransi dll. Tujuan dari iklan ini adalah guna menghimpun dana
pinjaman serta menawarkan modal, baik dalam bentuk asuransi, penawaran saham, obligasi, surat
untuk dana pensium dll.
contoh iklan keuangan |
f.
Iklan Rekruitmen; tujuan daripada iklan
ini adalah untuk merekrut calon pagawai, bentuknya iklan kolom yang menjanjikan
kerahasian pelamar atau iklan selebaran biasa atau iklan selebaran biasa.
contoh iklan rekruitmen |
MEDIA
IKLAN
Menurut Widyatama
(2007:76) mengelompokkan media iklan menjadi :
Iklan
lini atas (above the line). Media iklan yang sifatnya lbh universal/menyeluruh,
lebih kepada khalayak yang tidak saling mengenal antara satu dengan yang lain
dan menerima terpaan pesan iklan yang serentak. Yang termasuk kategori media
antara lain, Televisi, radio, surat kabar, internet, majalah, tabloid, dll.
Iklan
lini bawah (below the line); merupakan kebalikan dari media lini atas. Media
ini lebih khusus sebagai bentuk penyokongan (pelengkap) iklan lini atas. Yang
termasuk dalam media ini adalah poster, spanduk, baliho, point of puchase,
stiker, folder dan lain-lain.
PENGARUH
IKLAN
Dampak iklan baik
terhadap individu, keluarga ataupun masyarakat:
1.
Terhadap ekonomi; dampak nyata yang
terlihat dari iklan salah satunya dibidang ekonomi, dampak ini, iklan harus
terlihat sbg suatu kegiatan ekonomi. Artinya dalam hal melakukan iklan, terjadi
teransaksi bisnis antar sponsor dengan pihak media iklan itu dipasang.
2.
Terhadap Psikologis; dampak dari segi
psikologis cukup beragam mulai dari aspek koginitif sampai afektif, baik secara
invidu maupun universal.
3.
Terhadap sosial budaya; pengaruh iklan
terhadap psikologis lambat laun akan mengkristal dan secara bersamaan menjadi
perilaku masyarakat secara universal. Perilaku masyarakat yang lebih umum ini
pada gilirannya membentuk sistem nilai, gaya hidup, maupun standard budaya
tertentu (standart moral, etika dan estetika).
πππ Terima Kasih!!!
πππ Terima Kasih!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar